Tuesday 11 July 2017

Jurang Tembelan

Salah satu destinasi wisata di Dlingo selanjutnya adalah sebuah jurang, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan wisata yang satu ini, suatu jurang yang dikelola menjadi spot wisata yang unik menjadi daya tarik tersendiri oleh wisatawan, objek wisata ini dinamakan Jurang Tembelan. Pemandangan khas pegunungan dan udara segar akan menemani anda disana. Sebuah negeri diatas awan pantas adalah julukan yang pantas untuk destinasi wisata di kawasan Dlingo ini. 

Jurang Tembelan adalah wisata ngehits saat ini di media sosial, banyak sekali wisatawan lokal maupun mancanegara yang rela antri berjam jam hanya untuk berfoto di spot jurang tembelan ini. Banyak sekali spot selfi yang disediakan di jurang tembelan ini, tentunya dengan background awan dan pegunungan yang sangat keren.


Lokasi

Lokasi jurang tembelan terletak di Dukuh Kanigoro, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul Yogyakarta.

Fasilitas

Fasilitas di jurang tembelan cukup lengkap meliputi :

✔ Kamar Mandi / Toilet
✔ Warung Makan
✔ Musholla
✔ Tempat Parkir Luas
✔ Camping Ground
✔ Spot Unik

Akses Jalan

Untuk menuju ke Jurang Tembelan rutenya sama seperti ke Puncak Becici atau hutan pinus mangunan, hanya saja ini ke arah kebun Buah Mangunan yaitu ke arah kanan. Detailnya seperti ini :


Pusat Kota Yogyakarta ⇒ Berangkatlah menuju Jalan Imogiri Timur (Terminal Giwangan ke selatan) → Lurus hingga sampai di Kantor kecamatan imogiri anda belok kiri mengikuti jalan menuju kebun buah mangunan → Jalan imogiri - Dlingo dan sampailah anda di Desa mangunan → Ambil Kanan arah kebun buah mangunan (Sebelum anda sampai di Kebun buah mangunan anda akan sampai dulu di Jurang tembelan ini) Membutuhkan waktu sekitar 1 jam.

Dari Arah barat (Purworejo)  ⇒ Via jalan Deandels → Jalan Raya Srandakan → Lurus arah Yogyakarta → Perempatan Palbapang (jalan Samas) → Lurus Jalan Parangtritis → Lurus Jalan Imogiri Barat → Lurus sampai Jalan imogiri timur Jalan imogiri - Dlingo dan sampailah anda di Desa mangunan → Ambil Kanan arah kebun buah mangunan (Sebelum anda sampai di Kebun buah mangunan anda akan sampai dulu di Jurang tembelan ini) Membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Tiket Masuk

 Untuk tiket masuk tidak ada, melainkan hanya biaya parkir saja
  • Parkir motor: Rp 3.000,00
  • Parkir mobil: Rp 10.000,00
  • Parkir bus: Rp 20.000,00
  • Camping: Rp 5.000,00/orang
  • Gardu pandang: Gratis 

Jurang Tembelan sangatlah cocok bagi anda penikmat pemandangan alam yang sejuk, kami sarankan untuk anda berangkat lebih pagi sekitar pukul 05.00 sehingga bisa menikmati kabut yang masih dibawah bukit seakan anda berada diatas awan layaknya anda naik gunung yang sangat tinggi. Namun anda harus rela antri karena biasanya banyak sekali pengunjung yang juga datang pada pagi buta untuk mengabadikan momen ini.

Sekiranya itu saja sedikit gambaran tentang objek wisata Jurang Tembelan di wilayah Dlingo Bantul. Semoga bisa menjadi referensi wisata untuk anda yang sedang mencari spot untuk berfoto atau anda yang akan mengabadikan momen pre-wedding anda.

Semoga bermanfaat,
Selamat Berlibur,





Artikel Terkait

Jurang Tembelan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan Bijak dan Relevan